Selasa, 28 Januari 2014

Pemesanan Menu Makanan dan Minuman dengan LCD Layar Sentuh


1Aida Pramudia,2 Fatra Andhika,3 Teguh Adji B, 4Samuel Beta K
1Penulis, Mahasiswa Jurusan Teknik Elektronika Politeknik Negeri Semarang
4Dosen Pembimbing, Staf Pengajar Jurusan Teknik Elektronika Politeknik Negeri Semarang
Politeknik Negeri Semarang
Electronics Engineering State Polytechnic of Semarang 

Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang
Jln. Prof. Sudarto
50275 INDONESIA
1aidapramudia16@gmail.com2 iwiriwiryake@gmail.com, 3ajiemichael@gmail.com


Intisari Dalam pemesanan makanan antara pelanggan dan pelayan terjadi sebuah komunikasi dan pelayan harus menunggu pelanggan memesan makanan. Untuk mencegah terjadinya pelanggan yang kurang nyaman dengan adanya pelayan yang menunggu maka dengan menggunakan menu makanan yang modern dengan menu touchscreen dan dihubungkan dengan pemancar yang dapat ditampilkan di dapur yang menyediakan makanan, dengan demikian pelanggan lebih nyaman. Dalam penulisan jurnal ini akan digunakan LCD Touchscreen TFT 320_262K sebagai masukan dan keluaran RFTX 315MHz yang nantinya dapat ditampilakan di penyedia makanan.
Kata kunciLCD Touchscreen, RFTX 315 MHz, Arduino Mega

Abstract — In a food ordering occurs between customers and waiters and waitresses a communication must wait for customers ordering food. To prevent customers who are less comfortable with the waitress who waited so by using modern food menu with touchscreen navigation and connected with a transmitter that can be displayed in a kitchen that provides food, so customers are more comfortable. In writing this journal will be used 320_262K TFT LCD Touchscreen as input and output RFTX 315MHz that can later be ditampilakan in caterers.
Keywords-LCD Touchscreen, RFTX 315 MHz, Arduino Mega



I.      pendahuluan
A.    Latar Belakang
Dalam sebuah tempat penyedia makanan atau restaurant pelayan akan memberikan menu makanan ke pelanggan. Dalam proses pemesanan ini pelayan akan menunggu sampai pelanggan selesai memesan. Terkadang pelanggan merasa kurang nyaman  dengan kondisi yang demikian. Untuk mengantisipasi hal seperti ini, maka dengan adanya menu modern dengan menggunakan touchscreen dan dapat di tampilkan di tempat penyedia makanan atau dapur akan pelanggan akan merasa lebih nyaman. Pelanggan hanya perlu memesan melalui menu touchscreen pesanan dapat ditampilkan di dapur. Pelanggan hanya perlu menunggu pesanan dating.

B.    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas akan akan ditentukan beberapa rumusan masalah yaitu
1.       Bagaimana cara kerja Touchscreen sebagai inputan?
2.       Bagaimana cara kerja  menu ini?
3.       Bagaimana program yang digunakan untuk mengatur masukan dan keluaran?
4.       Bagaimana hasil yang didapatkan alat?

C.    Batasan Masalah
Adapun yang membatasi alat ini adalah
1.       Pemancar hanya bisa digunakan dalam jarak ± 100 meter saja.
2.       Input yang digunakan 3.3 dan 5 volt.
3.       Alat hanya menggunakan satu inputan saja yaitu touchscreen dan satu keluaran yaitu Rf Tx 315 MHz.

D.    Metodologi
Target proyek ini menjalankan program yang dapat diimplementasikan langsung terhadap alat. Langkah -  langkah pembuatan Proyek Arduino dapat didefinisikan sebagai berikut :
1.       Studi pustaka alat dan bahan
2.       Perancangan perangkat lunak dan program
3.       Implementasi program,
4.       Pengujian perangkat lunak dan perangkat keras
5.       Analisa
6.       Laporan

3.1    Tinjauan Pustaka
1.    Arduino Mega
2.    Touchscreen

3.    Rf Tx
3.2    Mekanisme Kerja Sistem
3.3    Pembuatan Program
3.4    Hasil Percobaan
II.   tinjauan pustaka
A.    Touch screen
Layar sentuh adalah Layar yang bisa berinteraksi dengan pengguna melalui sentuhan tangan pada layarnya. Sensor yang terdapat pada layar sentuh adalah berupa sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu untuk menangkap respon terhadap suatu sentuhan pada media tersebut atau disebut juga dengan sensor sentuh.

Gambar Touch screen



      PIN LAYAR SENTUH


Cara kerja layar sentuh
Cara kerja layar sentuh adalah menerjemahkan sentuhan yang diterima pada permukaan layar menjadi posisi koordinat pada layar, kemudian mengeksekusi perintah tertentu yang sesuai dengan gambar yang disentuh pada layar. Koordinat dari sentuhan tersebut memicu eksekusi perintah.


B.    Arduino Mega
Arduino adalah platform prototyping berbasis open-source elektronik  yang mudah digunakan (fleksibel) baik dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunaknya (software). Arduino ditujukan bagi para seniman, desainer, penggemar, dan siapapun yang tertarik dalam menciptakan objek interaktif didalam lingkungan pengembang.
Arduino mempunyai input yang dapat  menerima input dari berbagai sensor dan outputnya sebagai pengendali seperti  lampu, motor, dan aktuator lainnya. Arduino board mikrokontroler dapat diprogram menggunakan bahasa pemrograman Arduino (berdasarkan Wiring) dan dalam lingkup pengembang berdasarkan Processing. Arduino dapat bekerja mandiri atau dapat juga berkomunikasi dengan perangkat keras yang lain seperti komputer melalui perangkat  lunak  (misalnya Flash, Pengolahan, MaxMSP).
Arduino Board dapat dibuat/dirangkai sendiri atau membeli preassembled, kemudian perangkat lunak dapat didownload secara gratis. Referensi desain hardware (CAD file) Arduino Board berada di bawah lisensi open-source sehingga Anda bebas membuat atau membeli menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

C.    Rf Tx (Transmitter 315 MHz)
Pemancar adalah alat yang digunakan untuk mengubah dari sebuah sensor menjadi sinyal yang mampu diterjemahkan oleh kendali.
 


III. perancangan alat
1.        Masukan : LCD touchscreen
Keluaran : Rf Tx
2.        Touch screen difungsikan sebagai daftar menu di sebuah restoran. Pada layar touchsreen tersebut menampilkan daftar menu makanan, lalu konsumen akan memilih makanan yang ada di menu touch screen tersebut dengan hanya menekannya dengan jari.

3.        Kemudian data dari touch screen  tersebut akan diproses oleh arduino, kemudian menu yang telah dipilih oleh  yang akan di kirimkan oleh transmiter ke receiver.

3.3    Pembuatan Program
 


IV. PENGUJIAN ALAT
               
Mula-mula program yang sudah dibuat, dimasukkan ke Arduino Mega. Setelah program berhasil dimasukkan maka, touchscreen akan menampilkan menu makan dan minuman yang disediakan. Dengan hanya menyentuh dengan jari menu mana yang di inginkan maka perintah tersebut akan di kirim melalui RFTX dan akan di tampilkan ke dapur.
Blok diagram :


3.4 Hasil Percobaan

Gambar 1. Hasil Percobaan tampilan pembuka


Gambar 2. Hasil percobaan penampilan nama


Gambar 3. Hasil percobaan penampilan menu utama


Gambar 4. Gambar hasil tampilan menu makanan


Gambar 5. Gambar hasil tampilan penutup


Gambar 6. Hasil tampilan menu minuman
v. Penutup
1.       Kesimpulan
Touch screen sebagai masukan dimana keluaran dari touch screen akan diproses oleh arduino. Keluaran data yang sudah diproses oleh arduino akan dikirimkan melalui Rf Tx.  
2.       Saran
Apabila alat ini akan didistribusikan, sebaiknya tampilan menu tidak hanya karakter tetapi juga gambar menu makanan dan minuman yang disediakan. Pemancar adalah alat yang digunakan untuk mengubah dari sebuah sensor menjadi sinyal yang mampu diterjemahkan oleh kendali.
Referensi

1.        Ghofur, Dkk. 2013, “Alat Ukur Tekanan Darah dan Detak Jantung Dengan LCD  Touch Screen  Di Lengkapi Data Logger”.Tuga Akhir Politehnik Negeri Semarang.

Aida Pramudia lahir di Ambarawa tanggal 3 April 1994. Telah menempuh pendidikan formal di SDN 1 Tambak Boyo (lulus tahun 2005), SMPN 2 Ambarawa (lulus tahun 2008) dan SMAN 3 Salatiga (lulus pada tahun 2011). Saat ini sedang menempuh pendidikan diploma (D3) di Politeknik Negeri Semarang (Polines) pada Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa menghubungi 082325326866 atau melalui e-mail : aidapramudia16@gmail.com
Fatra Andhika lahir di Kendal tanggal 30 Nov 1993. Telah menempuh pendidikan formal di SDN 1 Plantaran (lulus tahun 2005), SMPN 1 Kaliwungu (lulus tahun 2008) dan SMK Muhammadiyah 3 Weleri (lulus pada tahun 2011). Saat ini sedang menempuh pendidikan diploma (D3) di Politeknik Negeri Semarang (Polines) pada Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa menghubungi 085742989990 atau melalui e-mail : iwiriwiryake@gmail.com
Teguh Adji B lahir di Semarang tanggal 21 April 1994. Telah menempuh pendidikan formal di SDN Purwoyoso 11 (lulus tahun 2005), SMPN 30 Semarang (lulus tahun 2008) dan SMAN 8 Semarang (lulus pada tahun 2011). Saat ini sedang menempuh pendidikan diploma (D3) di Politeknik Negeri Semarang (Polines) pada Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. E-mail : ajiemichael@gmail.com. Telp: 085713033003.

5 komentar:

  1. kalau buat tampilan menu di lcd 16x2 gimana ya bro??
    mohon pencerahannya dong??

    BalasHapus
  2. Coba dilihat bagian LCD 16 x 2 , mungkin untuk pemilihan menu menggunakan lcd 16 x 2 menggunakan media input lain, karena tidak berbasis touch screen langsung sepeti yang satu ini. Atau hubungi alamat email yang tertera untuk keterangan lebih lanjut, terima kasih.

    BalasHapus
  3. maaf gan...boleh minta source code nya?? saya ingin terapkan di toko saya ni gan

    BalasHapus
  4. Maaf gan boleh saya minta codenya mas..?/ saya ingin belajar mas..
    kalau boleh kirim aja ke Email ane mas..
    jackdaniel.jd151@gmail.com

    BalasHapus
  5. saya boleh minta codenya ngk mas.???

    BalasHapus