Selasa, 28 Januari 2014

Penampil Menu Makanan pada Komputer melalui Nirkabel


Ardian Ramadita Sugara.Penulis, Budi Ariyanto. Penulis, danSigit Hernawan. Penulis
 Kata kunci— RF rx 315MHz, kabel cross, modul ethernet ENC28J60, arduino uno

Abstract— Comunication systems are very advanced, we can communicate with each other without having to deal directly with each other. With growing distance communication can be ruled out. We can communicate with the others even though it is very far away. Communication wireless networks using a transmitter and receiver. In this paper will be used as a radio frequency transmitter and receiver, and the data that has been received by the radio frequency receiver will display to the laptop using  the webserver via web browser. Webserver is a web service that is used to display data from radio frequency receiver. Display of the webserver can very according to the data received from the radio frequency receiver.
KeywordsRF rx 315MHz, crosscable, ethernet modul ENC28J60, arduino uno



I.     PENDAHULUAN

Dalam perkembangan komunikasi data, proses pengiriman dan penerimaan data dapat dilakukan tanpa menggunakan kabel (wireless). Salah satu modul yang menggunakan komunikasi data secara wireless adalah Radio Frekuensi 315 MHz. Radio Frekuensi penerima difungsikan sebagai masukan untuk Arduino kemudian data akan diproses oleh Arduino kemudian data ditampilkan ke halaman web melalui modul Ethernet ENC28J60. Untuk menghubungkan modul Ethernet ENC28J60 ke komputer dengan menggunakan kabel cross. Data yang diterima akan ditampilkan pada halaman web yang dibuat sesuai program pada arduino melalui suatu web browser.


II.     PERUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang diatas akan akan ditentukan beberapa rumusan masalah yaitu
1.       Apakah alat yang digunakan untuk komunikasi data secara wireless?
2.       Bagaimana cara kerja dari alat ini?
3.       Bagaimana program yang digunakan untuk mengatur masukan dan keluaran?
4.       Bagaimana hasil yang didapatkan alat?

Adapun yang membatasi alat ini adalah
1.       Radio Frekuensi Penerima yang digunakan adalah RF Rx 315 MHz.
2.       Radio Frekuensi Penerima hanya dapat digunakan dalam jarak ± 100 meter.
3.       Alat ini hanya menggunakan satu masukan yaitu Radio Frekuensi Penerima dan satu keluaran yaitu Modul Ethernet ENC28J60.

III.     METODOLOGI

Target proyek ini menjalankan program yang dapat diimplementasikan langsung terhadap alat. Langkah -  langkah pembuatan Proyek Arduino dapat didefinisikan sebagai berikut :
1.       Studi pustaka alat dan bahan
2.       Perancangan perangkat lunak dan program
3.       Implementasi program,
4.       Pengujian perangkat lunak dan perangkat keras
5.       Analisa
6.       Laporan

A.     Tinjauan Pustaka


a)       Arduino Uno

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor  Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemprograman sendiri.





Gambar 1. Arduino

b)       Radio Frekuensi Penerima

Radio Frekuensi Penerima adalah alat untuk menerima suatu data / sinyal dari Radio Frekuensi Pemancar. Radio Frekuensi Penerima memiliki 4 kaki yaitu Data, Data, Vcc dan Ground.


Gambar 2. Radio Frekuensi Penerima


c)       Modul Ethernet ENC28J60

              ( Heru, 2010 ) Ethernet merupakan antarmuka yang cukup kompleks. Semua chip Ethernet hingga saat ini memiliki 100 pin atau lebih, dimana sulit untuk menemukan dalam jumlah kecil dan sulit untuk digunakan dari mikrokontroler kecil dengan memori kecil. Microchip telah mengubah dunia dengan chip baru yaitu Ethernet ENC28J60.
              ENC28J60 memenuhi semua spesifikasi IEEE 802.3. Komunikasi dengan arduino dilaksanakan melalui SPI, dengan kecepatan data hingga 10 Mb/s. ENC28J60 ini memiliki konfigurasi pin dengan clock sendiri yang dapat mensuplay perangkat lain yang tidak memiliki clock, konfigurasi pin ENC28J60 adalah sebagai berikut :

Gambar 3. Konfigurasi ENC28J60
      Gambar 4. Modul Ethernet ENC28J60

d)       Kabel Cross

( Tety, 2011 )Kabel Cross adalah kabel yang digunakan pada perangkat jaringan agar dapat terkoneksi dengan perangkat jaringan yang lain yang mana cara, penyusunan warna kabelnya berbeda antara konektor yang satu dengan konektor yang kedua.


Gambar 5. Susunan kabel cross

e)       Perencanaan Sistem



Gambar 6. Diagram perencanaan sistem


f)        Mekanisme Kerja

1.    Masukan        : Radio Frekuensi Penerima (RF Rx)
Keluaran        : Ethernet ( Komputer )
2.    Radio Frekuensi Penerima akan menerima data yang dipancarkan dari Radio Frekuensi Pemancar. Data dari pin Radio Frekuensi Penerima dihubungkan ke pin digital Arduino. Pin VCC pada Radio Frekuensi Penerimadihubungkan ke 3.3V Arduino dan Pin GND pada Radio Frekuensi Penerima dihubungkan ke GND Arduino.
3.    Data yang diterima oleh Radio Frekuensi Penerima, akan di proses oleh Arduino. Arduino akan memproses data dari Radio Frekuensi Penerima untuk kemudian dikeluarkan dalam bentuk Ethernet ( Komputer ).
4.    Untuk membuat data dalam bentuk Ethernet, maka harus menggunakan modul Ethernet ENC28J60 untuk menghubungkan antara Arduino dengan Ethernet ( Komputer ) karena arduino mengeluarkan data dalam bentuk SPI.
5.    Pin SPI dari Arduino dihubungkan ke pin  modul Ethernet ENC28J60 kemudian port Ethernet dari modul ENC28J60 dihubungkan ke Ethernet ( PC ).

g)       Pembuatan Program



Gambar 7. Diagram Alir Program

IV.     PENGUJIAN DAN ANALISA

A.     Pengujian Alat

Rangkai alat sesuai dengan konfigurasinya. Data akan diterima oleh Radio Frekuensi penerima dari pemancar. Kemudian untuk keluaran ditampilkan di laptop melalui webserver dalam bentuk halaman web. Sebelumnya kita atur alamat IP dari ENC28J60, alamat IP ini yang akan menjadi alamat saat kita membuka web browser yang akan menampilkan halaman web dari keluaran. Apabila data yang diterima dari pemancar “1” maka tampilan di laptop akan menjadi “nasi goreng”,apabila bila data yang diterima dari pemancar “2” maka tampilan halaman web pada laptop akan berubah menjadi “mie dog-dog” Apabila data yang diterima dari pemancar “3” maka tampilan di laptop akan menjadi “Es Jeruk”,apabila bila data yang diterima dari pemancar “4” maka tampilan halaman web pada laptop akan berubah menjadi “Es teh”.
 Begitu juga apabila data dari pemancar berbeda maka tampilan pada halaman web juga akan berubah sesuai dengan program yang telah dibuat. Modul Ethernet ENC28J60 dihubungkan ke dalam laptop melaui kabel cross. Koneksi antara Ethernet dan laptop dapat di cek melalui “command prompt”.

Gambar 8. Proses Pengujian Alat


Gambar 9. Cek Ping Koneksi Komputer


Gambar 10. Cek Ping Koneksi Modul Ethernet ENC28J60

B.     Hasil Percobaan



Gambar 11. Tampilan Awal Hasil Percobaan



Gambar 12. Hasil Percobaan Pemesanan Nasi Goreng



Gambar 13. Hasil Percobaan Pemesanan Mie Dog-dog



Gambar 14. Hasil Percobaan Pemesanan Es Jeruk



Gambar 15. Hasil Percobaan Pemesanan Es Teh

V.     PENUTUP

A.     Kesimpulan

Setelah melakukan tahap perencanaan dan pembuatan sistem yang kemudian dilanjutkan dengan tahap pengujian. Maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.       Pembacaan data yang diterima oleh Radio Frekuensi Penerima berhasil beroperasi dengan baik.
2.       Tampilan keluaran pada komputer melalui Ethernet sesuai dengan program pembacaan data yang diterima.
3.       Hubungan antara arduino dengan komputer melalui ethernet memerlukan Modul Ethernet ENC28J60 untuk mengubah data dari bentuk SPI ke Ethernet.
4.       Data yang ditampilkan sesuai dengan program yang dibuat.

B.     Saran

1.    Penggunaan Radio Frekuensi yang memiliki jangkauan lebih jauh dari RF 315MHz
2.    Tampilan pada halaman webserver bisa dibuat lebih menarik.


REFERENSI

[1]        Arduino.cc/Reference/Arduino UNO diakses tanggal 25 November 2013
[2]        Arduino.cc/en/Reference/SPI diakses tanggal 25 November 2013
[3]        Arduino.cc/en/Reference/Ethernet diakses tanggal 25 November 2013
[4]        Hermanto Emi Heru, 2010, Intro ENC28J60, salah satu Embedded Network Controller (webserver)blog.ugm.ac.id/2010/07/26/ta-intro-enc28j60-salah-satu-embedded-network-controller-webserver/, diakses tanggal 29 November 2013
[5]        Tety, 2011, Kabel UTP (Straight dan Cross)https://sites.google.com/sites/tetystmik/kabel-utp-straight-dan-cross., diakses tanggal 29 November 2013
[6]        Easypcb cs, 2013, Perangkat Ethernet ENC28J60 dan Atmega, easy-pcb.com/blog/mikrokontroler-avr-berbasis-perangkat-ethernet.html Diakses tanggal 30 Novemver 2013
[7]        ---, 2011, Dasar-dasar pemprograman HTML, www.ripainews.com-dasar-dasar-pemrograman.html, diakses tanggal 5 Desember 2013
[8]        Datasheet ENC28J60.pdf


Ardian Ramadita Sugara lahir di Kendaltanggal 7 Maret 1994. Telah menempuh pendidikan formal di SDN 1 Sukorejo (lulus tahun 2005), SMPN 1 Sukorejo (lulus tahun 2008) dan SMK Texmaco Semarang (lulus pada tahun 2011). Saat ini sedang menempuh pendidikan diploma (D3) di Politeknik Negeri Semarang (Polines) pada Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa menghubungi 082137774529 atau melalui e-mail : ardianrmd@gmail.com

Budi Ariyantolahir di Semarang tanggal 16 Juli 1992. Telah menempuh pendidikan formal di SDN 010211Banyumanik (lulus tahun 2005), SMPN 12 Semarang (lulus tahun 2008) dan SMAN 4 Semarang (lulus pada tahun 2011). Saat ini sedang menempuh pendidikan diploma (D3) di Politeknik Negeri Semarang (Polines) pada Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa menghubungi 085727670570 atau melalui e-mail : w.11.500.wa@gmail.com

Sigit Hernawanlahir di Semarang pada tanggal 8 Mei 1993.Telah menempuh pendidikan formal di SDN 01 Margosari (lulus tahun 2005), SMPN 19 Semarang (lulus tahun 2008) dan SMAN 7 Semarang (lulus pada tahun 2011). Saat ini sedang menempuh pendidikan diploma (D3) di Politeknik Negeri Semarang (Polines) pada Program Studi D3 Teknik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar